Sabtu, 18 Januari 2014

KEBIASAAN YANG DAPAT MERUSAK OTAK

Otak adalah bagian yang paling penting, bayangkan kalau otak tidak penting, maka tidak ada yang namanya UN. Tapi orang hanya memikirkan produk dari Otak, sedangkan sangat sedikit orang yang mengerti pentingnya menjaga Otak. Otak yang tidak dijaga, maka seperti sebuah computer yang tidak dirawat dan hanya digunakan sampai batas maksimum. Computer rusak dapat diperbaiki, tapi jika otak yang rusak maka si manusianya akan masuk rumah sakit jiwa.



Berikut beberapa Kebiasaan yang dapat merusak otak.
1.    Tidak sarapan pagi.
ü  Mereka yang tidak sarapan pagi, maka akan mengalami kadar gula yang rendah pada darah sehingga otak kekurangan nutrisi.
2.    Makan terlalu banyak.
ü  Terlalu banyak makan, apalagi makanan berlemak akan mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak karena tumpukan lemak sehingga mengurangi kinerja otak.
3.    Merokok.
ü  Zat dalam kandungan rokok dapat mengakibatkan otak menyusut dengan cepat dan mengakibatkan penyakit Alzheimer (pikun).
4.    Mengkonsumsi gula terlalu banyak.
ü  Kandungan gula yang terlalu banyak dapat mengakibatkan ketidakseimbangan gizi dalam tubuh karena terganggunya penyerapan protein dan nutrisi.
5.    Polusi udara.
ü  Otak membutuhkan oksigen yang banyak agar dapat bekerja, udara yang kotor dan sedikitnya jumlah oksigen dapat mengakibatkan kurangnya efisiensi kerja otak.
6.    Kurang tidur.
ü  otak membutuhkan waktu untuk istirahat dimana otak memulihkan organ-organya sendiri, kurangnya waktu tidur dapat mengakibatkan sel-sel otak rusak Karena kelebihan kerja.
7.    Menutup kepala saat tidur.
ü  Menutup kepala saat tidur dapat meningkatkan konstrasi zat karbondioksida (CO2) dan menurunkan konsetrasi oksigen dalam darah.
8.    Menggunakan pikiran saat sedang sakit.
ü  Terlalu keras bekerja walaupun sedang sakit dapat mengkibatkan sel-sel otak kelebihan daya dan mengurangkan efisiensi kerja otak.
9.     Kurang menstimulasi pikiran.
ü  Kurangnya melatih otak untuk bekerja membuat otak menjadi sulit untuk berfikir disaat yang dibutuhkan. Jika otak kurang beraktifitas maka akan membuat otak berkerut.
10. Jarang berkomunikasi.
ü  Komunikasi merupakan salah satu cara untuk menstimulasi kerja otak, memacu pikiran secara lansung. Apalagi terhadap komunikasi-komunikasi intelektual yang membuat otak berfikir.

Sumber : Prohaba edisi 29 Desember 2013



Tidak ada komentar:

Posting Komentar